Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Bookmark and Share

Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Penduduk sebagai sumber daya manusia, diharapkan dapat merupakan modal dasar bagi pembangunan. Pada kenyataannya ternyata masih menghadapi berbagai masalah, baik ditinjau dari sudut pola penyebaran, mobilitas, laju pertambahan jumlah clan kualitasnya. read : Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia
Ditinjau dari kualitasnya, baik fisik maupun nonfisik, keduanya relatif rendah. Kualitas fisik yang dilihat dari sudut tinggi badan dan besar tubuh serta derajat kesehatan yang diukur dari panjang harapan hidup saat ini rata-rata 62 tahun relatif masih rendah, sedangkan ditinjau dari sudut nonfisik, seperti tingkat pendidikan masih sekitar 781 (Anonim, 1992) dari angkatan kerja hanya mempunyai pendidikan dasar atau kurang.

Pembangunan Indonesia adalah untuk menghasilkan sumber daya manusia Indone­sia seutuhnya. Tersirat di dalamnya adalah upaya mengejar pencapaian kualitas hidup dalam berbagai dimensi kehidupan manusia seutuhnya. Dengan demikian, kualitas hidup mencakup baik kualitas lingkungan tempat manusia bermukim maupun kualitas diri manusia itu sendiri. Berdasarkan hal ini, peningkatan sumber daya manusia diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan untuk mengolah sumber daya alam serta menjaga ekosistem yang serasi, selaras dan seimbang. Pemanfaatan teknologi untuk mempercepat laju pembangunan, sudah merupakan hal yang tak terelakkan lagi. Adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam mengelola sumber daya alam dan memiliki wawasan positif terhadap lingkungan sebagai bagian dari ekosistemnya, akan menjamin keserasian antara teknologi yang diterapkan dalam pembangunan dengan lingkungan sebagai ekosistemnya.

Bagaimana mendidik manusia Indonesia sehingga memiliki kemampuan mengolah sumber daya alam dan menjaga ekosistemnya. Bertitik tolak dari pertanyaan tersebut, maka makalah singkat ini akan membicarakan tentang interaksi atau hubungan yang seharusnya terjadi antara manusia dengan lingkungannya.
HRCentro Komunitas Sumber Daya Manusia Indonesia
sumber : http://majour.maranatha.edu/index.php/Jurnal-MKM/article/view/710

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }